Posted by : farelfivers Senin, 11 Mei 2015


assalamualaikum para wisatablogger :)

ternyata indonesia penuh dengan tempat wisata yang indah, tentunya tak kalah indah dibandingkan dengan negara asing :) contohnya air terjun malela ini.
selain curugnya keindahan alamnyapun terjamin, sejuk, indah, pokonya segalanya deh buat airterjun ini.
Pontesi wisata yang dimiliki Saguling ternyata sangat banyak, diantara yang kita ketahui seperti Curug Bedil, pemandian air panas, DAM Saguling dan juga lokasi perkemahan, ternyata masih banyak tempat lain yang bisa dijadikan sebagai objek wisata.
nah skarang saya akan kasih artikel-artikel tentang airterjun malela nih. dari pada panjang lebar langsung aja saya posting di bawah ini.


WISATA ALAM BANDUNG BARAT



indah bukan foto airterjun di atas nah itu dia yang namanya airterjun malela, airterjun ini bertempat di kawasan bandung barat,Dikarenakan airterjun ini bertempat di cianjur airterjun ini juga sering di sebut dengan nama (curug malela).


Nah dari sini kita mulai EXPEDISI :)
di jalan raya Bandung-Cianjur tepatnya di pasar rajamandala kalian pasti udah tau dong gapura ini, ia ini dia gapura PLTA SAGULING, kila terusuri aja jalan ini nanti klo udh ada jalan pertigaan kalian langsung belokkan kendaraan menuju portal di bawah ini.

nah sesudah di sini kita lanjut terusuri jalan ini, nah setelah ini kalian juga dapat berkunjung di wahana & bumi perkemahan (jungle park) untuk artikelnya boleh dilihat disini (http://wanamandalac.blogspot.com/)
selain itu juga kalian bisa pergi ke air terjun nyalangkadar untuk gambarnya udh ada di bawah

berikut contoh gambar wahana wisata di bandung barat 


wana mandala cengkrong




 Wana Mandala Cengkrong adalah tempat camping & outboand , cocok untuk refreshing menghilangkan strees dan kumpul bareng keluarga .karna disini di sediakan hutan pinus sekitar 12,5 hektar sangat luas bukan ,hayoo tunggu apalagi kunyjungi sekarang juga :)


PERTIGAAN SAGULING - POWER HOUSE

https://apdri.files.wordpress.com/2009/11/saguling-06.jpg

Nah lanjut expedisi lagi dari sini ada pertigaa lagi seperti gambar di atas, kita ambil arah ke Power House di plang, kita juga bakalan di sajikan dengan wahana wisata mengamati keindahan sungai citarum,kantor power house, jembatan gantung penghubung bandung-cianjur,gua sangian tikoro, sangiang poek dll

Berikut contohgambar wahana tersebut

Gua shagiang poek
Gua purbakala Sanghyang Poek ini merupakan gua prubakala yang terbentuk secara alami karena proses alam dan tanpa ada campur tangan manusia. Gua Sanghyang Poek ini termasuk kedalam jenis gua karst, yaitu kawasan batu gamping yang telah melalui proses karstifikasi/pelarutan. Gua ini memiliki julukan poek yang diambil dari bahasa sunda yaitu pengertian dari “gelap”. Saat memasuki kedalam gua ini memang sangat gelap. Namun apabila masuk dan menggunakan alat penerang maka kamu akan menjumpai bentuk dari stalakmit dan stalaktit yang berkilauan layaknya sebuah berlian.

Lokasi/Alamat Gua Purbakala Sanghyang Poek

Tempat ini berlokasi di Kecamatan Saguling dan tepatnya berada di kawasan PLTA Saguling. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Patokan yang paling mudah adalah PLTA Saguling. Dan tempat ini berada sekitar 5 km dari gapura utama PLTA Saguling.

Untuk mencapai lokasi Sanghyang Poek ini harus dengan berjalan kaki karena kendaraan tak bisa masuk. Yang perlu dilakukan adalah sampai ke lokasi PLTA Saguling yang terdapat pipa raksasa. Dari lokasi ini dilanjutkan dengan berjalan kaki ke arah hutan dan berjalan melawan arus sungai. Perjalanan kurang lebih sekitar 1 km dan di ujung akan menemukan sebuah gunung kecil yang terdapat gua Sanghyang Poek.

Rute untuk mencapai lokasi ini jika dari arah Kota Bandung adalah : Kota Bandung – Kota Cimahi – Padalarang (melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil) – Tagog Apu (kawasan yang berkelok & banyak pusat oleh-oleh khas Priangan di pinggir jalan) – Raja Mandala – Pintu gerbang PLTA Saguling.

Tiket Masuk Gua Purbakala Sanghyang Poek

Tak ada tiket masuk khusus untuk mencapai lokasi gua purbakala Sanghyang Poek ini alias GRATIS. Hanya perlu merogoh kocek untuk bensin dan tenaga yang fit untuk bisa berjalan kaki menuju lokasi Sanghyang Poek. Wisata alam yang murah meriah bukan?

Gimana tertarik untuk mengunjungi tempat ini? Yuk ajak teman biar rame dan siapkan kendaraanmu!


Happy wonderful traveling..
sanghyang heuleut



Sanghyangtikoro


 Sanghyang atau sangiang merupakan sebutan buat sungai dan gua yang dianggap suci untuk daerah setempat di sekitaran danau Saguling. Shangyang Tikoro berasal dari dua kata. Sanghyang artinya dewa. Tikoro dalam bahasa sunda adalah tenggorokan. Tenggorokan dewa yang dimaksud adalah Gua yang beraliran sungai bawah tanah. Gua Sanghyang Tikoro berbentuk goa karts setinggi sekitar 2,5 m dengan lebar sekitar 10 meter. Untuk sampai kesini, wargi bandung harus ke Bandung Bagian Barat. Lokasinya terletak diantara kecamatan rajamandala dan Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sanghyang tikoro bersebelahan dengan PLTA Saguling sekitar 17km dari pusat bendungan dan ada diwilayah turbin terakhir.

 Asal muasal Sanghyang Tikoro ada beberapa versi. Menurut ilmiah, sanghyang tikoro terbentuk akibat meletusnya Gunung Sunda. Letusannya yang besar membuat seluruh gunung hancur. Letusannya membuat lubang-lubang lekukan dan lahar panasnya menyebabkan sungai di daerah Batujajar, Cililin, dan Padalarang tertimbun dan berubah menjadi lahar dingin. Lahar dingin itu lama kelamaan menggunung dan membentuk sebuah telaga yang dulu disebut Talaga Bandung. Sedangkan tanah di Padalarang dan Cililin mengandung kapur. Sedikit demi sedikit terkikis dan membentuk lubang aliran yang disebut sanghyang tikoro.
Belum banyak wisatawan yang dateng kesini karna memang agak tersembunyi. Belum ada petunjuk khusus untuk bisa sampai ke tempat ini. Untuk patokan, setelha belok ke pintu gerbang waduk saguling dari jalan raya Bandung-Cianjur sekitar satu kilometer. Wargi Bandung bakal akan menemukan papan bertuliskan “Power House”. Wargi Bandung ikuti arah kanan dan akan menemukan bangunan besar pembangkit listrik yang Power House tadi. 

 Sanghyang tikoro tepat berada disebelah Power House.
Sanghyang Tikoro ini dimasuki oleh air Sungai Citarum dimana air yang masuk tersebut ternyata tak sepenuhnya kembali ke sungai tersebut, melainkan ada sebagian yang menyerap ke dalam tanah dan katanya aliran ini masih misterius akan keluar kemana. Dan mitos pun, kalau kita memukul sapu lidi kearah batu tersebut atau apalah itu istilahnya akan terdengar suara-suara aneh, lumayan serem kan :)

sangyang kenit
Di balik Sungai Citarum yang kian tercemar, tersembunyi Sungai Citarum Purba yang penuh keanehan. Terletak di Desa Rajamandala, Cianjur, ada banyak gua di sini. contohnya ia gua sanghyang kenit ini.

Citarum termasuk salah satu sungai terkotor. Tapi bagian Citarum yang ini sepertinya tidak. Ini Citarum purba yang eksotik, dipenuhi dengan keindahan alam yang luar biasa.



Bodyboard citarum

Power House saguling


jembatan layang penghubung bandung-cianjur

sumber = http://www.infobdg.com/v2/wisata-gua-sanghyang-tikoro-dan-sanghyang-poek/


















Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Farel ardiansyah. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
farel ardiansyah 02-09-1998 lumayan keren ganteng dan gokillah hee n(itu jga menurut diri sendiri haha

twitter

Jangan lupa like dan bagikan fanspage di bawah ini view intagramnya juga :)

Instagram

memberi makan ikan dengan klik ikan teresebut

jam

Blogger templates

Copyright © farel ardiansyah -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan