Posted by : farelfivers Senin, 11 Mei 2015

Malem sahabat wisata blogger

hayoo liburan pada kemana nihh.
bingung mau berlibur kemana ,ini dia saatnya kalian tau di bandung ternyata ada taman batu yang tempatnya di daerah citatah bandung barat, taman batu ini gx kalah indahnya dengan taman-taman batu lain selain keindahan batunya, suasana dan tempatnya pun sangat sejuk nan dindah loh .

nah dari pada penasaran kita lihat artiket-artikel mengenai taman batu atau stone garden ini .

ini dia tempatnya




tenang dulu ini belum seberapa masih banyak lagi foto yg mau saya perlihatkan ke sahabat wisata blogger :)
selain berwisata tempat ini juga indah untuk berfoto gx percaya liat di bawah nih foto-foto yang saya ambil waktu ke stone garden
lansung aja lirik ke bawah :0



gimana foto-foto di atas tadi indah bukan nah masih bingung mau liburan kemana, ke stone garden aja bareng keluarga .nih aku kasih info artikel tentang taman batu ini :)
langsung aja
klik ke bawah

Stone Garden

Seperti namanya stone garden, taman ini tak dipenuhi bunga-bunga yang indah seperti mawar, tulip, bunga matahari atau bunga-bunga indah lainnya. Hamparan tanah itu diisi oleh formasi batuan tak beraturan yang indah dan membentuk taman alam yang sangat keren, dan sangat cocok untuk selfie dan berfoto disini agar kekinian. Hihii
Jika kamu mengenal Flinstone atau manusia purba yang menjadi tokoh kartun yang pernah berjaya pada masanya mungkin tempat tinggalnya seperti ini, banyak taman batu yang menghiasi rumah dan pekarangannya. Ehh ngomong-ngomong tentang manusia purba di bawah stone garden ini juga terdapat fosil manusia purba, masyarakat menyebutnya manusia purba Goa Pawon. Saya sempat berpikir, mungkin saat manusia purba itu hidup sering bermain di stone garden ini kali yaa dan karena belum ada teknologi jadi dia belum bisa update kaya kita sekarang.

Lokasi atau Alamat Stone Garden

Stone garden ini terletak di puncak gunung dan tepat berada di atas Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purba. Alamat lengkapnya adalah di puncak Gunung Pawon, Kampung Girimulya Desa Gunung Masigit Kecamatan Cipatat Kab. Bandung Barat. Untuk mencapai lokasi ini bisa diakses menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat. Ada beberapa rute yang bisa diambil seperti dari arah Cimahi atau Kota Bandung. Jika menggunakan mobil jalur yang harus dilalui adalah melewati Tol Purbaleunyi, keluar tol Padalarang menuju arah Cianjur, setelah keluar tol arahkan kendaraan menuju kawasan Tagog Apu lalu kembali berjalan dan di sebelah kanan jalan terdapat gapura berwarna hitam menuju kawasan Goa Pawon.
Jika menggunakan kendaraan motor patokan yang paling mudah adalah Kota Baru Parahyangan, dari sana lurus terus menuju arah Cianjur sampai melewati pusat oleh-oleh Roti Unyil, dari Roti Unyil tersebut kembali berjalan melewati kawasan Tagog Apu (kawasan yang berkelok-kelok dan terdapat oleh-oleh pinggir jalan). Dari kawasan Tagog Apu ini perhatikan arah kanan yang terdapat gapura berwarna hitam yang merupakan pintu gerbang utama menuju kawasan Goa Pawon & Stone Garden.
Untuk mencapai lokasi ini yang harus dilakukan adalah pendakian menuju puncak, mungkin sekitar 200 M lebih dari kaki gunung menuju puncak. Karena letaknya diatas puncak disarankan dengan keadaan yang sehat atau fit, sedikit membawa perbekalan seperti makanan dan minuman. Untuk kamu yang membawa teman/pacar perempuan nampaknya harus ditanya kembali apakah ia siap untuk mendaki ke atas puncaknya, jika teman/pacar wanitamu bersedia ikut sarankan kepadanya agar tak memakai high heels atau wedges karena medan yang sulit dan menanjak akan menghambat perjalannmu. Lebih enak lagi jika perjalananmu ditemai oleh tongkat sebagai alat untuk membantu dalam berpijak.
Tak percaya bahwa Stone Garden ini berada di puncak sebuah gunung? Coba lihat saja foto di bawah ini, kamu akan melihat pemandangan dari atas gunung. Sangat indah dan wonderful. Subhanallah

Mendaki ke Stone Garden
Eh kalau mau masuk ke kawasan Goa Pawon dan wisata Stone Garden, ketika sudah sampai Desa Citatah, di sepanjang jalan banyak yang jualan batu alam, lihatlah di kanan jalan (arah dari bandung) terdapat Gapura “Selamat Datang” ke Goa Pawon. Masuk saja terus dan jangan lupa ngikutin petunjuknya. Tempat parkir Goa Pawon sudah dipaving dan cukup luas, jadi jangan khawatir kalau tempatnya jelek. Yang agak jelek itu adalah jalan keStone Garden nya. Eh iyaa, tiket masuk ke Goa Pawon seharga Rp 5.500,00.
Dari tempat parkiran Goa Pawon akan terlihat jalan berpaving dan jalan setapak ke arah atas goa pawon. Jalan berpaving merupakan jalan untuk menuju Goa Pawon yang penuh dikelilingi monyet. Nah, kalau mau ke Stone Garden kita akan menyusuri jalan setapak. Sangat disarankan memakai sepatu kets karena sering kali jalanan licin dan terjal. Tingkat kemiringan jalan sekitar 45o. Wih agak curam juga yaa! Jarak yang ditempuh sekitar 1km dari parkiran, setelah kira kira 500 m, temen temen akan menemukan gubuk gubuk kecil tempat peristirahatan dan orang setempat yang berjualan. Tempat ini dulunya hanya satu gubuk doank (melihat gambar dari blog orang), setelah kemaren ke sana gubuknya bertambah banyak. Bagi yang merasa capek, bisa beristirahat sebentar di situ, atau sekedar ingin membeli makanan. Dari situ akan ada persimpangan jalan, maka ambillah jalan ke kiri untuk mencapai puncak Stone Garden. Sebelum memasuki kawasan Stone Garden, akan dikenakan biaya lagi (ngisi kas kata mas”nya disana) cuman Rp 3.000,00. Abis itu naek aja, ikutin jalan setelah pos mas”nya tadi, sekitar 500 m temen temen akan sampai ke lokasi.

Fasilitas Stone Garden & Goa Pawon
Dan jika kamu ingin jajan, minum atau membeli snack untuk dibawa keatas Stone Garden, di kawasan ini juga ada warung kecil dengan harga yang murah. Jika kamu ingin shalat atau ke toilet ditempat ini juga tersedia mushola dengan toiletnya yang bisa kamu pakai kapanpun. Atau jika kamu ingin beristirahat, kamu bisa berisitirahat dan rehat sejenak di pendopo yang tersedia di kawasan ini.
Dan satu lagi guys, saat berkunjung ke tempat ini jangan hanya main dan berfoto di Stone Garden saja, tapi langkahkan juga kakimu ke situs Goa Pawon yang terdapat fosil manusia purbanya.
Dan sedikit saran, datanglah ke tempat ini pada pagi atau sore hari untuk mendapatkan momen terbaik dengan cuaca yang cerah, tak terlalu panas dan sejuk. Namun, jangan memaksakan mendaki ke puncak Stone Garden apabila mendung atau hujan telah turun. Jalan yang menanjak dan dengan tanah yang tak stabil malah akan membahayakan nyawamu.
So, tunggu apa lagi? Ayoo datang ke Stone Garden dan cobalah berfoto disana dan meng-update di sosial media milikmu


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Farel ardiansyah. Diberdayakan oleh Blogger.

Mengenai Saya

Foto saya
farel ardiansyah 02-09-1998 lumayan keren ganteng dan gokillah hee n(itu jga menurut diri sendiri haha

twitter

Jangan lupa like dan bagikan fanspage di bawah ini view intagramnya juga :)

Instagram

memberi makan ikan dengan klik ikan teresebut

jam

Blogger templates

Copyright © farel ardiansyah -Black Rock Shooter- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan